Kemahasiswaan, Institut Teknologi Telkom Purwokerto IT TELKOM PURWOKERTO ajak tamu dari  Kolej University Islam Antarabangsa Selangor Malaysia (KUIS) untuk melakukan pengabdian masyarakat di Kaligua, Rabu (18/10/2017).

Menuju hari ke empat, rombongan mahasiswa/i Kolej University Islam Antarabangsa Selangor Malaysia (KUIS), Wakil Rektor Bidang III, Dosen dan Karyawan menuju Kaligua Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Mereka menyambangi SDN Pandansari 02, kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes. Mereka memperkenalkan diri satu persatu. Dengan logat dan bahasa Malaysia tentunya. Setelah berkenalan, mereka diajak untuk membuat batik jumputan. 

 

Sebelumnya, Batik jumputan adalah jenis batik yang dikerjakan dengan teknik ikat celup untuk menciptakan gradasi warna yang menarik. Tidak ditulis dengan malam seperti kain batik pada umumnya, kain akan diikat lalu dicelupkan ke dalam warna. Biasanya masing-masing kain yang dibuat tidak bisa memiliki motif yang sama dengan kain lainnya. Pemandu dalam pengabdian masyarakat ini adalah dosen dari Program Studi DKV.

  

Setelah membatik selesai, para rombongan diarahkan untuk mengikuti kelas petik TEH dikebun TEH Kaligua. Selain itu, rombongan juga berwisata ke GOA JEPANG yang terletak dalam kawasan wisata Kebun Teh Kaligua. Nampaknya dari mereka merasakan bahagia yang diselimuti udara sejuk nan bersih. Tidak lupa, Bapak Tata Sambada selaku Wakil Rektor III selalu mendampingi rombongan.

Sumber foto: AV IT Telkom Purwokerto