[Tahap 2] Pendaftaran Beasiswa LPDP S2 – S3 di Luar Negeri

Persyaratannya

1. Mempunyai Surat Keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah; Puskesmas; atau Klinik Pemerintah dengan masa berlaku paling lama 6 (enam) bulan sebelum penutupan pendaftaran, dengan ketentuan

  • Surat Keterangan berbadan sehat dan bebas dari narkoba.
  • Surat keterangan bebas TBC.

2. Mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja. Sedangkan bagi yang sedang bekerja dapat melampirkan rekomendasi dari atasan.

3. Khusus bagi pelamar dari PNS, TNI, dan POLRI harus mendapatkan surat izin dari unit yang menangani Kepegawaian atau SDM untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP.

4. Memilih dan memiliki bidang keilmuan, program studi, dan perguruan tinggi tujuan yang sesuai dengan ketentuan LPDP.

5. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa:

  • Bersedia kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi
  • Tidak sedang mendapatkan atau akan mendapatkan beasiswa dari sumber lain
  • Tidak terlibat dalam aktivitas atau tindakan yang melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila
  • Tidak pernah atau akan terlibat dalam aktivitas atau tindakan yang melanggar kode etik Akademik
  • Selalu mengabdi untuk kepentingan Bangsa Indonesia
  • Selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP
  • Menyampaikan data dan dokumen yang benar, sesuai aslinya, apabila ternyata tidak sah, bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku dan dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist) sebagai pendaftar LPDP.

6. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu maksimal berusia 35 (tiga puluh lima) tahun untuk Program Magister, dan maksimal 40 (empat puluh tahun) untuk Program Doktoral.

7. Bagi pelamar program Magister, telah menyelesaikan studi Sarjana atau Sarjana Terapan dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus. Sedangkan bagi pelamar program Doktoral, telah menyelesaikan studi Magister atau Magister terapan atau telah menyelesaikan Sarjana atau Sarjana Terapan

8. Saat ini tidak sedang atau telah menempuh studi degree/non-degree (on-going) Program Magister (S2) ataupun Doktoral (S3) baik di Perguruan Tinggi dalam negeri ataupun Perguruan Tinggi luar negeri.

9. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari jenjang studi sebelumnya minimal 3,0 pada skala 4 (bagi pelamar Program Magister) dan minimal 3,25 pada skala 4 (bagi pelamar Program Doktoral), dibuktikan dengan melampirkan transkrip nilai.

10. Bagi pelamar Program Magister dan Doktoral Luar Negeri harus mempunyai dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS atau IELTS dengan ketentuan skor berikut:

  • Pelamar Program Magister minimal TOEFL iBT® 80; IELTS™ 6,5; TOEIC® 800; atau TOAFL 550 bagi program studi dan/atau Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.
  • Pelamar Program Doktoral minimal TOEFL iBT® 94; IELTS™ 7,0; TOEIC® 850; atau TOAFL 550 bagi program studi dan/atau Perguruan Tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk.

11. Bagi pelamar Magister dan Doktoral Luar Negeri yang sebelumnya menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan menggunakan bahasa pengantar yang diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dikecualikan dari persyaratan nomer 10, serta diwajibkan melampirkan salinan ijazah dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak ijazah diterbitkan.

12. Ketentuan pada poin nomer 11 ditujukan bagi pelamar yang menyelesaikan studi dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan bahasa resmi PBB dengan kriteria sebagai berikut:

  • Bahasa Inggris untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara tersebut;
  • Bahasa Arab untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negara-negara dengan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi negara tersebut;
  • Bahasa Perancis hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Perancis;
  • Bahasa Rusia hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Rusia;
  • Bahasa Spanyol hanya untuk perguruan tinggi tujuan LPDP di negara Spanyol;
  • Bahasa Mandarin untuk semua perguruan tinggi tujuan LPDP di negaranegara dengan Bahasa Mandarin sebagai bahasa resmi negara tersebut;

13. Pelamar BPI Magister dan Doktoral dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang tidak menggunakan bahasa pengantar seperti yang disebutkan pada poin 11 dan 12 harus mengikuti persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku di negara Perguruan Tinggi Tujuan dan daftar persyaratan kompetensi bahasa asing sebagaimana terlampir.

14. Pelamar yang telah ditetapkan menjadi penerima beasiswa wajib menyelesaikan masa studi sesuai dengan LoA Unconditional dengan ketentuan maksimal 24 (dua puluh empat) bulan untuk Program Magister, dan maksimal 48 (empat puluh delapan) bulan untuk Program Doktoral.

15. Jika penerima beasiswa menyelesaikan studi lebih dari batas ketentuan pada poin nomer 14, harus mendapatkan izin tertulis dari LPDP dan pendanaan beasiswa ditanggung oleh penerima beasiswa.

16. Pelamar BPI Program Magister hanya dibolehkan untuk jenis kelas reguler dan tidak ditujukan untuk kelas-kelas berikut: a. Kelas Eksekutif b. Kelas Karyawan c. Kelas Jarak Jauh d. Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk e. Kelas yang diselenggarakan pada lebih dari 1 negara.

17. Bagi pelamar program Magister, menulis rencana studi sesuai program studi Magister pada perguruan tinggi tujuan.

18. Bagi pelamar program Doktoral, menulis ringkasan proposal penelitian sesuai program studi Doktoral pada perguruan tinggi tujuan dan melampirkan proposal penelitian.

19. Menulis Statement of Purpose paling banyak 1000 kata yang menjelaskan rencana kontribusi yang telah, sedang dan akan dilakukan untuk masyarakat, lembaga, instansi, profesi atau komunitas.

Ketentuan LOA Unconditional

1. Pelamar tidak harus mempunyai LoA Unconditional saat Pendaftaran Beasiswa LPDP.

2. Pelamar yang telah mempunyai LoA Unconditional wajib melampirkan sertifikat kemampuan bahasa asing sesuai yang dipersyaratkan.

3. Apabila pelamar telah mempunyai LoA Unconditional yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada poin 2 (dua) wajib melampirkan surat penundaan perkuliahan dari Perguruan Tinggi Tujuan atau menandatangani surat pernyataan kesediaan menunda perkuliahan.

4. Pelamar yang ditetapkan sebagai calon penerima beasiswa, namun belum memiliki Loa Unconditional maka harus mendapatkan LoA Unconditional selambat-lambatnya 1 (satu) tahun setelah dikeluarkannya Keputusan Direktur Utama LPDP tentang penetapan hasil seleksi substansi calon penerima beasiswa.

5. Bagi calon penerima beasiswa yang belum mempunyai LoA Unconditional sesuai dengan batas waktu yang diberikan oleh LPDP dapat diberikan perpanjangan maksimal 6 (enam) bulan.

6. Apabila sampai pada batas waktu perpanjangan belum mendapatkan LoA Unconditional maka diberhentikan sebagai Calon Penerima Beasiswa.

7. Calon Penerima Beasiswa yang dihentikan sebagaimana poin 6 (enam) memiliki kesempatan mendaftar ulang sebanyak 1 (satu) kali dengan syarat wajib memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi yang terdaftar di dalam daftar LPDP.

Cara Mendaftar

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018 Luar Negeri dapat dilakukan secara online pada link berikut:

Proses Seleksi

1. Seleksi Administrasi Seleksi Administrasi dilakukan dengan memeriksa kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya. Pengumuman lulus atau tidaknya seleksi administrasi dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2018 melalui akun pendaftaran online masing-masing pelamar beasiswa.

2. Seleksi Berbasis Komputer Seleksi Berbasis Komputer meliputi Tes Potensi Akademik, Soft Kompetensi, dan On the spot writing. Pelaksanaan seleksi berbasis komputer dari tanggal 22 Oktober s/d 12 November 2018 pada 18 kota di Indonesia, dilanjutkan pengumuman hasil seleksi pada 17 November 2018.

3. Seleksi Substansi Seleksi Substansi meliputi verifikasi dokumen asli pendaftaran, Leaderless Grup Discussion (LGD), dan Wawancara. Pelaksanaan seleksi substansi pada tanggal 26 November s/d 22 Desember 2018 pada 18 kota di Indonesia, dilanjutkan pengumuman hasil seleksi substansi pada 28 Desember 2018

4. Penetapan Kelulusan Penetapan kelulusan bersifat final, mutlak, rahasia dan tidak dapat diganggu gugat. Hasil penetapan kelulusan seleksi BPI Program Reguler disampaikan kepada calon penerima beasiswa melalui akun pendaftaran daring (online) masing-masing, email dan/atau media elektronik lainnya.

Peserta yang tidak lulus seleksi substansi dapat mendaftar kembali seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia pada periode selanjutnya.

Pastikan sebelum mendaftar, anda membaca sejelas-jelasnya Panduan Pendaftaran Beasiswa LPDP pada link berikut.

Kontak

Call Center 24 Jam: 1500652 Gedung Ali Wardhana Lt.2 Kementerian Keuangan Jl. Lapangan Banteng Timur No.1 Jakarta 10710 Fax. (021) 3808392

Website: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *